PERENCANAAN DALAM USAHA LAUNDRY

PERENCANAAN DALAM USAHA



BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Sekarang semakin banyak anak mahasiswa mahasiswi Gunadarma yang kuliah di daerah Depok dan mereka rata-rata pada kost atau kontrak rumah. Tidak hanya mahasiswa saja, Pegawai atau karyawan pun juga begitu yang berasal dari luar daerah, maka saya berinisiatif untuk mendirikan sebuah Loundry, saya akan memberi nama pada usaha saya “Fresh Laundry”, dengan membuka usaha ini dapat memanfaatkan peluang bagi mahasiswa, karyawan yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka, dan menyerahkannya pada usaha laundry kiloan.

Kondisi cuaca saat ini yang mengakibatkan pakaian sering lebih mudah menjadi kotor, bahkan dimusim penghujan, dengan mencuci manual pasti akan sulit menjadi kering, oleh karenanya banyak yang menyerahkan pakaian kotor mereka ke laundry-laundry. Trend mencuci di laundry sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.


BAB II
ISI BUSINESS PLAN VISI DAN MISI

VISI

Menjadi laundry dengan konsep kiloan yang memberikan layanan terbaik untuk pelanggan dan dikelola secara professional, sehingga memberikan keuntungan untuk pelanggan, karyawan, dan pemilik.

MISI

Profesional Laundry Kiloan dengan :

  1. Pelayanan yang penuh perhatian dan ramah.
  2. Hasil proses laundry yang bersih, rapih dan harum.
  3. Ketepatan waktu dalam penyelesaian Laundry.
  4. Produksi yang ramah lingkungan.

    RUANG LINGKUP USAHA

    Ruang lingkup kerja meliputi :
    1. Survey :
    • Pemetaan pasar
    • Persaingan
    • Potensi
    1. Sistem :
    • Pembukuan sederhana
    • Siklus kerja
    • SOP ( Standart Operational Prosedure)
    1. Pelatihan :
    • Pelatihan karyawan / Buku panduan pelatihan
    • Pengendalian sistem
    • Pemasaran
    • Pengamanan & pengendalian usaha


    BAB III
    ANALISIS USAHA

    ANALISIS USAHA

    Mungkin bagi anda mendengar dan melihat pakaian kotor pasti anda malas untuk mencuci nya karena anda terlalu sibuk atau karena lelah habis pulang kerja atau pulang dari kampus setelah melakukan aktifitas seharian, jadi anda belum sempat mencucinya mungkin karena anda sedang kerja atau ada kesibukkan lainnya yang menghambat untuk mencuci pakaian tersebut. Hal tersebut bagi orang yang super sibuk tersebut mungkin jadi masalah besar karena semakin terus ditumpuk dan di biarkan baju – baju tersebut disimpan pasti akan menimbulkan bau bahkan penyakit.

    Dan hal tersebut dijadikan sebuah kesempatan peluang usaha yang lumayan menjanjikan mengingat orang –orang yang sibuk atau malas mencuci pakaiannya sendiri, jadi hal tersebut dapat dijadikan ide untuk para pelaku usaha untuk mendapatkan keuntungan dari peluang usaha laundry ini. Akan tetapi banyaknya orang yang membutuhkan laundry tersebut masih terbilang banyak, untuk itu kita harus pintar – pintarnya menarik pelanggan agar dating mencari lokasi yang strategis seperti di lingkungan kost-kostan, kontakan rumah, atau di komplek perumahan.



    BAB IV
    STRATEGI PEMASARAN


    Ada beberapa strategi pemasaran yang saya pikirkan untuk bisnis laundry, diantaranya pasti sudah ada yang menerapkan strategi ini diluar sana, karena belum tentu cocok untuk daerah sana juga, jadi setiap lingkungan mempunyai strategi yang berbeda pastinya. Berikut strategi yang saya gunakan :
    1. Sistem Delivery
    Dengan system ini jadi pelanggan tidak perlu datang ke tempat kami, kami sudah menyediakan system delivery ini untuk mengantar pakaian yang sudah di cuci atau mengambil pakaian yang kotor kerumah pelanggan.

    1. Sistem Kupon
    Maksud dari ini adalah jadi pemasaran ini bisa dilakukan sebagai promo bisnis laundry, dengan persyaratan tertentu contohnya saya memberikan laundry gratis 5Kg jika sudah pernah mencuci laundry ditempat saya selama 10 kali, jadi setiap ada pelanggan kami bisa memberikan kupon yang nantinya akan dikumpulkan oleh pelanggan jika sudah mencapai 10 kupon pelanggan bisa menukarkan itu kupon dengan mencuci gratis 5Kg ditempat kami. Kami memberikan ini supaya pelanggan jadi senang dan ingin berlangganan terus ditempat kami.

    1. Diskon Member
    Pelanggan bisa menggunakan diskon jika sudah mendatar sebagai member di laundry kami dan mendapatkan kartu member nya, jadi saya membuat dua harga, yang satu untuk harga biasa(belum terdaftar sebagai member) dan satunya lagi untuk harga pelanggan member. Strategi ini bisa digabungkan dengan undian berhadiah tadi. Jadi setiap member berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dari bisnis laundry dari kami, dengan syarat setiap member mempunyai nomor seri sendiri sehingga saat pengundiannya tidak terlalu rumit.


    BAB V
    RENCANA PERMODALAN


    PENENTUAN HARGA PRODUKSI
    Biaya Lain - lain
      Mesin Cuci (1 unit nya Rp.2.000.000,00) X 3 Unit Rp. 6.000.000,00
      Mesin Pengering (1 unit) Rp. 1.500.000,00
      Setrika (untuk 1 unit nya Rp.150.000,00) X 2 Unit Rp.    300.000,00
      Timbangan digital (1 Unit) Rp.    250.000,00
      Renovasi Ruangan Rp. 2.000.000,00
      Meja dan Kursi Rp.    300.000,00
      Telepon Rumah Rp.    400.000,00
      TOTAL Rp.10.750.000,00

      Biaya Operasional
      Air PDAM per bulan Rp. 200.000,00
      Listrik per bulan Rp. 400.000,00
      Karyawan 2 orang (gaji karyawan perbulan Rp.250.000) Rp. 500.000,00
      Tempat Baju Kotor Rp. 200.000,00
      Alat-alat Mencuci (Sabun cuci,Softtener,Pewangi,Pelembut) Rp. 350.000,00
      Gantungan Baju dan Plastik Rp. 250.000,00
      Media Promosi (Banner, Spanduk, Brosur) Rp. 200.000,00
      TOTAL Rp. 2.100.000,00

      Asumsi analisa Usaha Laundry :
      Jika dalam 1 hari kita targetkan bias mencuci pakaian para pelanggan minimal 25Kg/hari, dan jika dalam 1Kg pakaian yang kita cuci dihargakan Rp. 5.000,00/Kg maka pendapatan perhari yang bias kita dapatkan adalah Rp. 5.000,00 x 25Kg = Rp. 125.000,00. Dan bila di kalkulasi kedalam jangka waktu 1 bulan maka dapat diperkirakan :
      Pendapatan yang diperoleh perhari x 30 hari = Rp.125.000 x 30 = Rp. 3.750.000,00. Jadi laba kotor yang diperoleh sebesar Rp.3.750.000

      Penghitungan Laba bersih :
      (Laba kotor – Biaya operasional = laba bersih) = (Rp. 3.750.000 – Rp. 2.100.000 = Rp. 1.650.000/bln
      Jadi pendapatan yang diperoleh untuk usaha Laundry dalam 1 bulan yaitu Rp.1.650.000

    BAB VI
    RENCANA PEMASARAN


    ANALISIS PERSAINGAN USAHA

    SWOT
    1. STRENGTH (Kekuatan)
    • Pelayanan yang maksimal
    • Hasil memuaskan bagi pelanggan
    • Tepat waktu seperti permintaan pelanggan
    1. WEAKNESS (Kelemahan)
    • Peralatan
    • Listrik
    • Cuaca
    1. OPPORTUNITIES (Peluang usaha)
    • Lokasi yang berdekatan dengan kost, atau komplek perumahan
    1. THREATS (Ancaman)
    • Pesaing – pesaing yang kini semakin banyak

    BAB VII
    KESIMPULAN DAN SARAN

    KESIMPULAN

    Dari pengamatan usaha yang akan saya dirikan ini ternyata usaha laundry mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Terlebih ketika usaha laundry kami memakai pewangi yang berkualitas baik keharumannya dan tahan lama serta tetap merawat pakaian para konsumen tentunya.


    SARAN

    Dalam menjalankan usaha laundry ini yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana mengedepankan kepuasaan konsumen dalam hal kebersihan dan kesegaran hasil cucian. Penentuan lokasi juga menentukan dalam jasa laundry

    You Might Also Like

    0 Comments