FUNGSI HLOOKUP DAN VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP dalam Microsoft Excel berguna untuk membaca suatu tabel, lalu mengambil nilai yang diinginkan pada tabel tersebut berdasarkan kunci tertentu. Kunci ini berupa sel referensi (contoh: sel A5) atau nilai, seperti kode, nomor anggota, nama, dan sebagainya.

Jika tabel tersusun secara vertikal, kita menggunakan fungsi VLOOKUP.









Dan, jika tabel tersusun secara horizontal, maka kita menggunakan fungsi HLOOKUP.




Cara Penulisan:


=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)

Dimana:
  • lookup_value: nilai atau sel referensi yang dijadikan kunci dalam pencarian data.
  • table_array: tabel atau range yang menyimpan data yang ingin dicari. Range untuk contoh tabel di atas adalah: A5:C7 (tabel pertama - VLOOKUP) dan B14:D15 (tabel dua - HLOOKUP).
  • col_index_num: nomor kolom yang ingin diambil nilainya untuk fungsi VLOOKUP. Untuk tabel pertama (VLOOKUP): nomor kolom adalah 4, bila ingin mengambil nilai pada kolom code. Nomor kolom adalah 4, bila ingin mengambil nilai pada kolom Nama.
  • row_index_num: nomor baris yang ingin diambil nilainya untuk fungsi HLOOKUP. Untuk tabel dua (HLOOKUP): nomor baris adalah 13, bila ingin mengambil nilai sel pada baris code. Nomor baris adalah 14, bila ingin mengambil nilai sel pada baris nama.
  • range_lookup: Nilai logika TRUE atau FALSE, dimana Anda ingin fungsi VLOOKUP atau HLOOKUP mengembalikan nilai dengan metode kira-kira (TRUE) atau mengembalikan nilai secara tepat (FALSE).


Berikut ini adalah contoh Hlookup dan Vlookup yang sudah saya bikin :


Jika ingin mendownload nya klik DISINI 


You Might Also Like

0 Comments